Berkenalan dengan GIT

ProgrammingTechnologyNetworking | 7 June 2021 15:03:48 by Aditya Y Pradhana

Umumnya sebagai developer aplikasi / programmer sudah tidak asing lagi dengan yang namanya GIT, apalagi yang sudah bekerja di perusahaan ataupun komunitas yang luas.

Sederhananya GIT adalah sebuah tools / aplikasi yang biasa dipergunakan untuk melacak perubahan-perubahan yang terjadi di sebuah folder ataupun file. GIT sangat sering digunakan oleh programmer sebagai tempat penyimpanan file & folder aplikasi yang dikerjakan ketika terjadi sebuah perubahan baik secara lokal maupun berbasis komputasi awan (cloud).

GIT sangat efektif jika developer aplikasi bekerja secara bersama-sama, dimana dapat terlacak setiap perubahan yang terjadi didalam file maupun folder oleh siapa yang mengedit/merubah, menghapus, ataupun menambahkannya.

Sehingga kedepannya dapat dimungkinkan untuk memberikan label versi dari setiap aplikasi yang telah diperbarui. Enaknya lagi didalam penggunakan GIT, jika terdapat permasalahan pada aplikasi yang dibuat dapat mencari dan menelusuri kebelakang kapan file dan folder tersebut terakhir diubah untuk mendapatkan posisi aplikasi pada saat berjalan normal.

Selain itu GIT juga dapat digunakan untuk mengerjakan project secara bersama-sama (kolaborasi), tidak hanya aplikasi closed source, aplikasi open source jg sering dikerjakan secara bersama-sama melalui GIT dari seluruh dunia tanpa kenal maupun bertemu secara langsung.

Jadi berbeda dengan programmer atau developer aplikasi konvensional yang biasa langsung edit dan upload source, bekerja sendiri, di komputer milik sendiri. Dengan GIT kita dapat mengerjakan project secara kolaborasi dan terarah, membuat pengerjaan aplikasi dapat dikerjakan secara efektif dan efisien.

Install GIT

Untuk mulai menggunakan GIT tentu kita harus download dan install terlebih dahulu aplikasi GIT di komputer kita. Aplikasi GIT dapat kalian download disini.

Download GIT
Download GIT

Setelah aplikasi GIT terinstall kalian bisa mengecek aplikasi git yang terinstall di komputer dengan mengetikan perintah git --version melalui git terminal, command prompt (CMD Windows) atau terminal di sistem operasi Linux

Git Version Check
Git Version Check

Selanjutnya kita identifikasikan diri kita dengan aplikasi git dengan nama dan email yang digunakan untuk aplikasi git. Identifikasi nama dan email ini hanya digunakan untuk menandai pembuatan dan perubahan yang terjadi pada file dan folder, bukan untuk masuk (logIn) ke akun manapun.

git config --global user.name "Nama Kamu"
git config --global user.email "Email Kamu"
Setup Identity GIT
Setup Identity GIT

Repository

Ketika bekerja dengan GIT, kalian akan tidak asing dengan istilah "repository". GIT repository adalah sebuah wadah/folder (container) yang didalamnya terdapat file dari project yang sedang kalian buat, dimana wadah (container) ini yang adakan dapat dilacak perubahannya oleh GIT. GIT Repository dibagi kedalam dua bagian yaitu :

Local Repository (Repository lokal), yaitu repository yang terisolasi di komputer kalian, dimana kalian bekerja dengan versi local project

Remote Repository (Repository Jarak Jauh), yaitu repository yang di tempatkan diluar sistem/komputer kalian. Biasanya terdapat di server jarak jauh (remote). remote repository ini khususnya digunakan jika kalian bekerja secara kolaborasi/bersama-sama tim. Disini adalah tempat kalian dapat membagikan kode-kode kalian, melihat kode-kode project orang lain, mengintegrasikan nya dengan project versi lokal kalian, dan juga mengupdate kode di remote repository.

Inisialisasi Repository

Langkah pertama untuk menggunakan git didalam project agar kita dapat memulai memantau perubahan file didalam project yang kita buat adalah dengan menginisialisasi repository tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan terminal kesukaan kalian dan masuk kedalam folder atau direktori project yang baru atau telah dibuat. Lalu ketikan perintah git init.

Initialize git
Initialize git

Jika kita lihat folder yang telah kita inisialisasi akan terdapat folder dengan nama .git (hidden jika menggunakan OS windows) yang didalamnya terdapat informasi mengenai repository.

Folder .git
Folder .git

Stagging & Commiting Code

Commit adalah proses dimana berubahan secara resmi / mutlak ditambahkan kedalam repository git. Commit bisa dikatakan sebagai checkpoints / snapshots dari project pada posisi saat itu. Dengan kata lain ketika kita menyimpan sebuah file setelah memperbarui kode didalam project, bisa juga di sebut sebagai commit.

Memeriksa Status

Untuk memeriksa status repository git kalian dapat mengetikan perintag git status. Perintah ini adalah yang biasanya paling sering digunakan ketika kalian bekerja dengan Git. Keluaran dari perintah git status ini adalah file mana yang telah diubah dan file mana yang akan dilacak perubahannya.

git status
git status

Selanjutnya kita buat sebuah file di dalam folder git repository tersebut, misalnya index.html.

File index.html
File index.html

Jika kita jalankan perintah git status akan menampilkan output seperti berikut.

git status
git status

Terdapat keterangan Untracked files dimana terdapat file baru dan belum di tracked (dilacak).

Staging Files

Selajutnya untuk menambahkan file ke staging area agar file tersebut dapat kita tracked perubahannya adalah dengan perintah git add <nama file>.

git add & git status new file
git add & git status new file

Jika kita menjalankan git status setelah menambahkan file ke staging, akan muncul keterangan Changes to be committed. Yaitu terdapat perubahan pada file yang belum kita terapkan (committed). Untuk menerapkan file yang kita tambahkan/ubah salah satu nya adalah dengan perintah git commit -m "commit message"

git commit
git commit

Jalankan git status untuk mengecek file terlah berhasil di commit.

git status
git status

Disini akan tampil nothing to commit, atrinya sudah tidak ada perubahan pada file lagi yang perlu dilakukan commit.

Untuk melihat log atau jejak commit pada repository git, ketikan perintah git log.

git log
git log

Akan tampil informasi data commit seperti author, date of commit, dan juga komentar ketika sebelumnya melakukan commit.

Kita coba ubah file index.html dan juga tambahkan file lain di dalam repository git tersebut, misalnya app.js dan style.css. Untuk file index.html kalian bisa isikan dengan basic html, seperti <!doctype html><html></html>.

penambahan file app.js dan style.css
penambahan file app.js dan style.css

Jika kalian lakukan pengecekan dengan git status akan tampil informasi seperti berikut.

perubahan dan penambahan file 
perubahan dan penambahan file 

Disana terlihat informasi perubahan (modified) dan juga penambahan file yang masih untracked. Untuk menambahkan file-file tersebut ke staging sebelum kita commit gunakan kembali perintah git add karena bagaimanapun sebelum file masuk kedalam staging file tidak akan di simpan jejak perubahan nya.

add to staging and commit
add to staging and commit

Jika kita lihat log sudah terdapat 2 buah hystorical commit.

Bagaimana jika ada banyak file yang kita tambah dan ubah, menambahkan setiap file satu per satu merupakan hal yang melelahkan bukan. Maka dari itu kita dapat mendaftar semua file ke staging sebelum melakukan commit dengan perintah git add . jangan lupa modifikasi beberapa file terlebih dahulu atau tambahkan beberapa file lagi.

modifikasi dan penambahan file baru pada repository, menambahkan beberapa file sekaligus ke staging
modifikasi dan penambahan file baru pada repository, menambahkan beberapa file sekaligus ke staging

Terlihat hasil akhir pada log setelah kita menjalankan git add . untuk mendaftarkan semua file kedalam staging, terdapat 3 history. Tidak hanya sekedar history log tersebut berarti checkpoint kalian untuk dapat kembali ke posisi sebelum dilakukan perubahan (commit). Misalnya kalian ingin kembali ke posisi commit dengan hash 5db881f5501640a30158e26c7f9d111dde1eb510 maka dapat menggunakan perintah git checkout 5db881f5501640a30158e26c7f9d111dde1eb510

git checkout
git checkout

Untuk kembali ke posisi commit terakhir gunakan perintah git commit master.

Kembali ke posisi commit terakhir
Kembali ke posisi commit terakhir
gitgitlabbitbucketpengertian gitapa itu gitversion controlpenjelasan git download git install gitSetup Identity GIT

PRADHA

Slogan will added later when i have idea

© 2021 Pradha (Aditya Y Pradhana)